Wednesday, April 3, 2013

Pembuatan Pola dengan CAD System

Salah satu bagian terpenting dalam membuat pakaian adalah, pembuatan pola. Enak atau tidak, nyaman atau tidak pakaian dipakai, tergantung pada bagaimana pola ini dibuat. Pola atau Patern biasanya terbuat dari kain atau potongan kertas karton yang dipakai untuk membentuk bagian-bagian potongan pakaian sebelum dijahit. Setiap Desain Pakaian memiliki pola tersendiri, karena dari pola itulah nanti terbentuk pakaian. Pola biasanya mengikuti ukuran Desain Kostum bentuk badan dan model tertentu.


Pada masa kini pembuatan pola dengan menggunakan media kertas sudah mulai beralih ke media komputer, yaitu dengan menggunakan program CAD. Banyak sekali macam-macam program pembuatan pola yang ada di dunia, misalnya : Gerber, Lectra, Pad system, Optitek, Tuka cad, Richpeace digital system, dll.

Tujuan pembuatan pola dengan menggunakan CAD adalah untuk meningkatkan effisiensi penggunaan bahan kertas/ karton u/ pola, karena dengan menggunakan CAD system, arsip pola menjadi arsip digital.

Biasanya memang program CAD ini digunakan oleh industri, karena alasan effisiensi dan penghematan waktu, juga dengan feature auto nesting (penyusunan marker), penggunaan bahan akan bisa dibuat semaksimal mungkin, dan dapat dibuat dengan waktuyang sangat singkat. Bila penyusunan pola dilakukan secara manual, akan menghabiskan waktu seharian untuk mendapat 1 marker. Tetapi dengan CAD system, maka pembuatan marker ini akan dibuat hanya dalam hitungan menit saja.

Kebutuhan tenaga-tenaga pembuat pola yang bisa mengoperasikan program dengan CAD system, saat ini juga meningkat seiring dengan bertumbuhnya kembali industri garmen di Indonesia. Oleh sebab itu perlu kiranya di setiap sekolah-sekolah tata busana untuk melatih peserta didik mereka dengan menggunakan program pembuatan pola dengan CAD system.

Pusat Pelatihan garmen bandung, saat ini membuka kerjasama dengan smk-smk tata busana/ BLK/ Lembaga Kursus di seluruh indonesia dengan memberikan paket pembelajaran pembuatan pola dengan program CAD system ini.

Paket pelatihan ini akan diberikan kepada siswa dengan sistem Online/ tatap muka, masing-masing sekolah, BLK/ Lembaga kursus akan diperlengkapi dengan 5- 20 program pembuatan pola. sesuai dengan paket yang diambil.

Bagi sekolah/ BLK/ Lembaga kursus yang berminat mengambil paket pelatihan bisa menghubungi saya di : nathanaelsuryadi@yahoo.co.id

Salam
Nathanael Suryadi



1 comment:

Unknown said...

Terimakasih untuk sharing informasinya.. Punya karya desain tapi masih bingung bagaimana cara mempublikasikannya?.. Share aja karya kamu di http://fitinline.com/portfolio/, gratis!.