Thursday, September 3, 2015

SELEKDA ASC XI - MALAYSIA 2016

Kompetisi keterampilan Tingkat Asia tenggara diadakan setiap 2 tahun sekali di tahun genap. ASC (ASean Skill Competition berikutnya adalah penyelenggaraan ASC yang ke XI. dan akan dilaksankan di Kualalumpur Malaysia tahun 2016.

Di Indonesia persiapan delegasi mulai dilakukan dengan melakukan seleksi daerah (Selekda) di semua Propinsi. Pelaksanaan Selekda ASC ini di setiap propinsi akan mengadakan Seleksi untuk 5 Bidang keterampilan. Biasanya setiap bidang akan di ikuti oleh 10 orang dari perwakilan kabupaten kota di setiap propinsi.


Pemilihan Bidang di setiap propinsi biasanya akan diserahkan pada masing-masing dinas tenaga kerja propinsi, biasa bidang bidang yang dipilih adalah bidang yang menjadi unggulan di propinsi tersebut.

Peserta yang diperbolehkan mengikuti selekda tersebut adalah : Usia tidak melebihi 21 tahun saat Lomba ASC dilaksankan, jadi biasanya usia maksimum saat lomba adalah 20 tahun. Pria/ Wanita, memiliki kompetensi sesuai dengan bidang yang dilombakan. Memahami Soal Lomba (tes project).
Para peserta yang berminat bisa mendaftarkan ke dinas tenaga kerja di propinsi masing masing untuk mengecek bidang lomba apa saja yg dilombakan di propinsi tersebut. Apabila bidang lombanya ada, bisa mendaftar untuk menjadi peserta lomba dengan membawa fotocopy KTP bukti domisili di kabupaten kota di propinsi tersebut.

Untuk beberapa propinsi penyelenggaraan selekdanya adalah :

Popinsi Pelaksanaan
Nusa Tenggara Timur 7-10 September
Sumatra Barat 8-10 September
Nusa Tenggara Barat 16-19 September
Jawa Tengah 28 September s/d 1 Oktober
Kalimantan Barat 4-7 Oktober
Aceh 5-8 Oktober

Bagi Mereka yang berminat ayo check di dinas tenaga kerja masing masing dan marilah jadi duta bangsa di Malaysia 2016

Salam
Nathanael

No comments: