Monday, November 30, 2015

SELEKSI NASIONAL INDONESIA ASC XI- 2016

Kompetisi keterampilan asia tenggara akan kembali dilaksankan pada tahun 2016. Pelaksanaan ASC tersebut adalah yang ke XI (sebelas) kalinya. Malaysia tahun 2016 ini akan menjadi tuan rumah. Seleksi di berbagai negara asia tenggara pun sudah mulai berjalan.
Indonesia melaksanakan seleksi nasional secara serentak di 5 tempat berbeda untuk 21 bidang lomba. Pelaksanaan Lomba seleksi nasional calon kompetitor untuk 21 bidang lomba ini dilaksanakan dari tanggal 24 Nopember sampai 28 Nopember 2015.

Penutupan sekaligus pengumuman pemenang dilaksanakan di B2PLKLN CEVEST BEKASI yang dihadiri dan ditutp Oleh Menteri ketenaga kerjaan Republik Indonesia bpk. Hanif Dhakiri. Sekjen Kementrian Ketenaga kerjaan Republik Indonesia Bp. Abdul Wahab Bangkona.

Pelaksanaan Lomba tersebut dibagi dalam 5 tempat yaitu :
  1. B2PLKLN CEVEST - BEKASI 
  2. UNIVERSITAS BINA NUSANTARA
  3. SMKN 27 JAKARTA
  4. PIKA SEMARANG
  5. SMKN 1 BATAM
21 Bidang Lomba tersebut adalah :
PELAKSANAAN DI B2PLKLN CEVEST BEKASI :
  1. Auto mobile Technologi
  2. Electronics
  3. Mobile Robotic
  4. Mechatronics
  5. Welding
  6. Brick laying
  7. Electrical instalation
  8. Industrial automation
  9. Refrigeration
PELAKSANAAN DI INVERSITAS BINA NUSANTARA - JAKARTA :
  1. IT Software for bussines solution
  2. IT Networks System Administration
  3. Graphic design Technology
  4. Mechanical CADD
  5. WEB Design
PELAKSANAAN DI SMKN 27 JAKARTA :
  1. Restaurant Service
  2. Cooking
  3. Hair Dressing
  4. Beauty Therapy
  5. Fashion Technology
PELAKSANAAN DI PIKA SEMARANG :
  1. Cabinet Making
PELAKSANAAN DI SMKN 1 BATAM :
  1. CNC Maitenance
Juara 1, Juara 2 dan juara 3 di masing masing bidang mendapatkan penghargaan berupa Hadiah Uang pembinaan sebesar Rp. 5.000.000,- Bagi Juara 1, Rp. 4.000.000,- Bagi juara 2 dan Rp. 3.000.000,- bagi juara 3. Selain dari Hadiah uang pembinaan masing masing juara juga diberikan sertifikat dan plakat penghargaan juara.




Untuk bidang IT yang diselenggarakan di Universitas Bina nusantara Jakarta, kepada para juara juga diberikan tambahan hadiah dari Universitas Bina Nusantara yaitu berupa Beasiswa. Untuk para juara bidang Welding juga mendapat penghargaan tambahan dari Sekolah las.


Para Juara 1, 2 dan 3 akan mendapatkan pelatihan di beberapa tempat pemusatan pelatihan yang akan ditunjuk oleh Kementrian ketenaga kerjaan, sebelum nantinya mengikuti ajang kompetisi Asean skill competition yang ke XI, pada 19 - 29 September 2016 di Malaysia.

Tentunya masing masing Calon kompetitor harus mempersiapkan diri sebelumnya demi kejayaan bangsa di kompetisi mendatang. Seperti yang disampaikan oleh Menteri ketenaga kerjaan republik Indonesia pada saat penutupan bahwa Indonesia adalah negara yang besar dan setiap pemuda dan pemudi bangsa yang terbaik yang telah dipilih harus berjuang dan menunjukan jati diri bangsa dimata dunia dalam event terbesar di asia tenggara di malaysia tahun 2016 mendatang.

Marilah segenap elemen bangsa dan setiap insan bangs bersatu hati hati berdoa demi kejayaan bangsa Indonesia di Asean Skill XI mendatang. Marilah panjatkan doa supaya para pemuda-pemudi terbaik bangsa yang terpilih diberikan kemuatan, kemudahan dan kelancaran selama masa Pemusatan Pelatihan dan juga pada saat pertandingan di Malaysia, Ammmiiiinnnnnn.

Salam
Nathanael Suryadi
Expert FAshion Technology Indonesia Untuk ASC XI
Deputy Chief Expert Fashion Technology untuk Workdskill Abudhabi 2017

No comments: