Sunday, December 6, 2015

Lomba Kompetensi Siswa SMK XXIV 2016

Lomba Keterampilan siswa SMK tingkat nasional ke XXIV kembali akan digelar pada tanggal 2-7 Mei 2016 di Kota Malang Jawa Timur.

Ajang Lomba kompetensi Siswa Tingkat Nasional menjadi salah satu ajang yang sangat diminati dan bahkan menjadi impian bagi banyak sekali siswa SMK di seluruh Indonesia. Mengapa? Karena LKS Nasional adalah jalur utama bagi para siswa SMK untuk dapat berlaga di ajang kompetisi keterampilan paling tinggi di tingkat dunia, Worldskills Competition (WSC).



Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Drs. M Mustaghfirin Amin, MBA. dalam setiap kesempatan selalu mengatakan bahwa salah satu parameter majunya suatu negara adalah majunya kualitas lulusan SMK. Oleh sebab itu LKS nasional akan menjadi salah satu cara untuk mengukur sampai sejauh mana kualitas lulusan SMK. Saat penyusunan Matery tes Project untuk Lomba, beliau selalu mengingatkan pada Tim penyusun soal bahwa Tes project/ Soal pada LKS Nasional ini harus mengacu pada standar Kompetensi keterampilan tingkat dunia. Terutama untuk bidang bidang lomba yang telah diikut sertakan pada Worldskills Competition.

MEA  merupakan bentuk realisasi dari tujuan akhir integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Pada akhir tahun 2015 kesepakatan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau Pasar Ekonomi ASEAN mulai berlaku. Kesepakatan ini tak hanya berdampak pada sektor ekonomi, tapi juga sektor-sektor lainnya. Tak terkecuali “pendidikan” sebagai modal membangun sumber daya manusia yang kompetitif.

Tantangan MEA dalam dunia pendidikan yang akan dihadapi antara lain, menjamurnya lembaga pendidikan asing, standar dan orientasi pendidikan yang makin pro pasar, serta pasar tenaga kerja yang dibanjiri tenaga kerja asing. Untuk itu era perdagangan bebas ASEAN, harus disambut oleh dunia pendidikan dengan cepat, agar sumber daya manusia Indonesia siap menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan negara-negara lain.

Pada Tanggal 10-12 Desember 2015 Tim penyusun Materi Tes Project / Soal Lomba LKS dari 56 Bidang Lomba akan berkumpul dan menyusun Soal Lomba di Hotel Best Wester Bukit Cimanggu City - Kota Bogor. Tim penyusun soal yang terdiri dari para ahli, profesional, para pendidik yang berpengalaman akan bekerja keras dalam rangka menyesuaikan soal lomba LKS dan diharapkan nantinya soal lomba ini akan menjadi salah satu alat ukur kemampuan para lulusan Siswa SMK dalam menghadapi persaingan kualitas sumber daya manusia di kawasan asia tenggara bahkan dunia.

Bidang Lomba Pada LKS Ke XXIV tersebut adalah :

  1. Auto body Repair
  2. Automobile technology
  3. Industrial Control
  4. Teknik Kendaraan Ringan (Motor)
  5. Mobile Robotic
  6. Mould Making
  7. Pattern Making
  8. Refrigeration
  9. Welding
  10. CNC Miling
  11. Production Machine
  12. Electrical Instalation/ Commercial wiring
  13. Bricklaying
  14. Joinery
  15. Plumbing & Heating
  16. Carpentry/ Cabinet Making
  17. Wall and Floor Tiling
  18. Printing
  19. Graphic Design Technology
  20. Information Technology/ Software Application
  21. AutoCAD/ CADD Building
  22. Mechatronic
  23. Computer Aided Design (CADD)
  24. Information Technology/ Networking Support
  25. Web Design
  26. Animation
  27. Telecom Distribution Technology
  28. Electronic Application/ EA
  29. Confectionery/ Pastry Cook
  30. Restaurant Service
  31. Wood Craft/ Kria Kayu
  32. Leather Craft/ Kria Kulit
  33. Jewellery/ Kria Logam
  34. Painting Seni Lukis
  35. Ceramics/ Kria keramik
  36. Cooking
  37. Ladies dress Making/ Fashion Technology
  38. Ladies & Men Hair dressing
  39. Beauty Therapy/ Skin Care
  40. Hotel Accomodation
  41. Tourist Industry
  42. Caring (peksos Keperawatan)
  43. Secretary
  44. Marketing
  45. Accounting
  46. Nautica
  47. Post harvest Technology
  48. Fishery
  49. Agronomy
  50. Lifestock/ Animal husbandry
  51. Textile
  52. Farmasi
  53. Chemistry
  54. Keperawatan
  55. Desain Komunikasi Visual
  56. Broadcasting
Selain dari Matery Test Project, perlu juga disusun sistem penilaian yang fair supaya nantinya output dari Kompetisi LKS ini akan menjadi representasi kualitas SDM Indonesia di masa mendatang. Sehingga nantinya kita bisa menyaksikan bahwa penguasaan kompetensi para peserta lomba akan menjadi gambaran kesiapan SDM kita dalam Menghadapi MEA.

Salam
Deputy Chief Expert Worldskills 2017 Abudhabi Bidang Fashion Technology
Expert Indonesia bidang Fashion Technology untuk Asean Skill Competition 2016, Malaysia

No comments: