Wednesday, February 29, 2012

Kunjungan Ke SMK Baranang siang Bogor

SMK Baranangsiang bogor telah lama ada dalam ingatan saya, karena dari SMK inilah telah muncul salah satu juara Lomba Keterampilan siswa SMK tingkat Nasional thn 2003 yang diadakan di kota gudeg Jogjakarta. Siswa dari SMK Tata Busana Baranangsiang bogor ini juga mampu mengharumkan nama Bangsa karena berhasil meraih Diplome of Execellent di ajang kompetisi keterampilan tingkat asia tenggara ASC yang diselenggarakan di Hanoi - Vietnam tahun2004.
Sungguh menarik memang kunjungan yang saya lakukan tetapi sekaligus membuat saya terenyuh, karena sepertinya merekapun tidak memiliki rasa percaya diri lagi, apa mereka bisa memanfaatkan apa yang mereka pelajari di dunia kerja. Secara umum ada pemahaman yang salah di pola pikir siswa SMK, karena mereka tidak mengoptimalkan waktu yang mereka korbankan selama belajar secara maksimal, sehingga kompetensi yang di dapat menjadi tidak maksimal pula.
Mengambil kesempatan itu sy menyempatkan diri memberikan pencerahan kepada mereka, dan ditanggapi secara antusias oleh para siswa, bahkan ketua jurusan busana dan bagian kurikulum sangat mendukung dan mengapresiasi secara positf kunjungan saya ke sekolah tersebut.
Secara umum saya memandang memang perlu diberiikan pemahaman secara dini bagi para siswa SMK ini, mengapa mereka memilih jurusan tata busana, apa yang bisa mereka lakukan setelah mereka lulus dari sekolah ini, dan dunia seperti apa yang mereka akan temui ketika mereka memilih jurusan tata busana.
Yang para siswa perlukan adalah penjelasan yang logik dan langkah-lamgkah yang jelas dan bukan "mimpi yang tak terbeli". karena pembinaan kompetensi adalah proses yang jelas dan membutuhkan waktu. apabila mereka menyia-nyiakan waktu, hal ini tidak akan pernah bisa mereka putar ulang waktu yang mereka miliki.
Ada sesuatu hal yang menarik dari kunjungan itu yaitu ketika mereka di tanya : faktor apa yang bisa membawa kesuksesan. Banyak dari para siswa yang menjawab, bahwa mereka bisa berhasil mencapai kesuksesan mereka bila mereka : "ikut pelatihan dari institusi X"; "kuliah di universitas X jurusan Y", dll. Saya tegaskan pada mereka bahwa yang membawa mereka sukses bukan dari semua hal tersebut diatas. Saya sampaikan kepada mereka sekalipun mereka tidak sempat dan tidak mampu ikuti semua diatas, dan apabila mereka hanya memiliki bekal dan lulus dari SMK, MEREKAPUN bisa Sukses. Karena faktor yang mempengaruhi mereka dalam mencapai kesuksesan adalah memiliki "3B" (Belajar, Berubah dan Bertumbuh) --> lihat postingan saya terdahulu.
Apabila mereka tidak memanfaatkan waktu yang mereka miliki mulai dari kelas X, maka mereka sedang membuang kesuksesan mereka sedikit demi sedikit tanpa mereka sadari. Memang dapat dipahami karena ketika mereka masuk SMK ini kondisi mereka ada dalam masa peralihan dari "Fun Thinking" ke "Responsible Thinking". Jadi memang dibutuhkan pengarahan dari para guru dan pembimbing, bahwa belajar dengan tekun sejak awal masuk akan sangat mempengaruhi kesuksesan mereka, tanpa harus mengikuti tambahan-tambahan pelatihan atau kuliah lain.

No comments: