Wednesday, March 7, 2012

Senam Otak di Industri Garmen apa Manfaatnya?

Dalam peningkatan produktivitas line produksi di Industri garmen adalah jangan sampai setiap proses (Proses ini dilakukan oleh operator-operator) tidak terjadi penghambatan output. Output harus sesuai dengan target yang telah ditentukan untuk setiap proses tersebut. Karena biasanya dalam line produksi garmen, layout mesin susunan jumlah operator telah ditentukan dan di set dalam line. Sehingga bila ada operator (yg menjalankan proses) tidak fit, tidak konsentrasi dan akhirnya tidak menghasilkan output sesuai dengan target yang ditentukan baginya, maka akan terjadi operator-operator sesudahnya akan kekurangan supply, sehingga dipastikan akan terjadi akumulasi waktu tunggu dari semua operator sesudahnya. Artinya ini adalah lost time buat buat perusahaan.

Seperti yang telah saya jelaskan dalam postingan terdahulu bahwa dalam prinsip keekonomian gerak, salah satu faktor terpenting bagi seorang operator adalah dapat bergerak se efisien mungkin di tempat kerja, membatasi pergerakan seluruh anggota tubuh, hanya bagian tubuh yang penting saja, dan juga bisa melakukan pergerakan-pergerakan yang simultan. (Lihat postingan saya tentang MISS CHURN  PRICIPLES). Untuk dapat melakukan gerakan secara simultan harus ada kontrol yang baik pada pergerakan tangan kiri dan kanan. Tangan kiri dan kanan bisa bergerak dengan gerakan yang berbeda (Sesuai kebutuhan), tentunya harus didukung dengan keseimbangan otak kiri dan kanan. Oleh sebab itu keseimbangan otak kiri dan kanan seorang operator jahit menjadi sangat penting.

Kenapa perlu menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan? Ini bertujuan agar kita bisa bergerak lancar dengan kemampuan pengontrol bergerak organ tubuh bagian kiri dan kanan. Semua itu dibutuhkan koordinasi otak kiri dan kanan dengan baik serta terlatih. Menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan bisa melalui kebiasaan, misalnya dengan menikmati musik dan kesenian, menikmati warna, ruang dan bentuk, menghargai kreativitas dan menghargai kepekaan perasaan. Bisa juga melalui serangkaian gerakan yang sederhana yang biasa dilakukan dalam olahraga senam otak (brain Gym). Gerakannya mudah dan menyenangkan.

Senam di pagi hari yang memasukan senam otak sangat baik bagi para operator didalam peningkatan daya konsentrasi dan kontrol gerakan operator saat bekerja. Selain itu Senam di pagi hari sangat penting untuk meningkatkan durability kerja operator, karena saat mereka ber olahraga pada pagi hari maka mereka akan menghirup oksigen dalam jumlah banyak. Dimana pada malam hari tubuh kita kekurangan asupan oksigen karena saat tidur nafas kita tidak memburu karena memang itu adalah cara Tuhan agar manusia tidak menghirup oksigen terlalu banyak, mengapa?. Karena pada malam hari tumbuhanpun menghisap oksigen. Jadi Olahraga pagi hari sangat baik, karena saat tumbuhan disekitar kita menhirup CO2 saat fotosintesis tumbuhan ini menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh manusia.

Berikut ini adalah Contoh bila anda mau belajar senam otak secara sederhana
senam otak ala nathanael

Bacalah sesuai dengan warnanya, Selamat Mencoba.

Nathanael Suryadi
Konsultan dan Trainer Garmen Enginering
Ketua Juri Lomba Kompetensi nasional
Ketua Juri Asean Skill COmpetition
Juri Worldskills Competition

No comments: