Friday, May 18, 2012

Seleksi Para peserta WSC bidang Fashion Technology

Menurut Rencana beberapa propinsi pada akhir bulan mei ini akan mengadakan seleksi daerah tingkat propinsi di bidang Fashion Technology, Floristry dan Beauty Therapy. Penyelenggaraan selekda tingkat propinsi ini terselenggara di bawah koordinasi Dinas Propinsi Kementrian pendidikan Nasional masing-masing bidang PNFI (Pendidikan Non Formal / Informal).
Untuk  Propinsi Banten 21 - 23 Mei, Propinsi Jawa barat, penyelenggaraan akan di laksankan pada 27 - 31 Mei 2012, Untuk Propinsi DKI Jakarta tanggal 30-31 Mei 2012.

Sistem penilaian pada seleksi daerah tersebut di bagi menjadi 5 Kriteria Penilaian, yaitu :
  1. Cutting pattern lay-out
  2. Measurement
  3. Overall appearance
  4. Quality of Garment
  5. Creatifity of design application
Total bobot penilaian untuk kriteria penilaian tersebut adalah 100, dengan total penilaian subjektif 50 dan objektif 50.

Pelaksanaan kompetisi dilakukan antara 2 - 3 hari dengan total jumlah jam 18 Jam. Pada hari pertama kompetisi, para peserta akan mengerjakan modul 1, yaitu pembuatan jaket (blazer) dengan tahapan : menggunting pola, dan meletakan pola di bahan, dan peserta harus segera memanggil juri, untuk dilakukan penilaian terhadap peletakan pola. Ada 4 sub kriteria dalam penilaian peletakan pola (lihat postingan saya terdahulu).

Setelah memotong, peserta akan langsung menjahit dan untuk jaket harus selesai pada hari pertama, karena waktu pengerjaan untuk jaket adalah 7 jam. Setelah itu langsung mengerjakan Modul 2 yaitu Rok.  Apabila tidak selesai maka hasil harus tetap diserahkan untuk di nilai oleh juri. Bila waktu sangat terbatas, dalam 1 jam juri harus meng inventarisir bagian-bagian mana yang belum selesai, supaya jaket tersebut setelah 1 jam bisa di serahkan kembali pada peserta untuk diselesaikan. Juri akan mempertimbangkan apabila jaket tersebut baru selesai sekitar 75%, maka akan dipertimbangkan untuk men drop peserta, atau pilihan lain adalah maksimal waktu yg diberikan pada peserta adalah 2 jam untuk menyelesaikan, apabila tidak selesai maka akan di di drop.
Setelah itu, malam itu juga para juri harus menilai jaket. Apabila belum selesai bisa dilanjutkan pada keeokan harinya pada pertengahan hari.

Pada hari kedua peserta akan melanjutkan pembuatan rok, sampai pertengahan hari. setelah itu rok yang selesai atau belum selesai juga harus diserahkan (batas waktu pengerjaan rok adalah 7 Jam).
Setelah istirahat para peserta akan diberikan kembali Jaket hasil pengerjaan hari pertama untuk mengerjakan modul 3, yaitu memberikan ragam hias pada jaket.

Sambil menunggu pengerjaan ragam hias juri akan melakukan penilaian pada rok, sampai selesai. Juga pada akhir hari para peserta setelah sampai pada batas waktu pengerjaan ragam hias (4 jam), harus menyerahkan hasilnya selesai / tidak selesai. Pada malam hari itu juga harus langsung dinilai oleh para juri, sehingga ke esokan harinya bisa di umumkan siapa yang bisa mewakili daerahnya ke seleksi nasional.

Bila dilihat dari jadwal pengerjaan yang sangat padat, maka perlu persiapan yang matang dari setiap para peserta bila ingin mengikuti seleksi daerah tersebut. oleh sebab itu peserta harus mempersiapakan phisik, mental sebelum melaksanakan lomba.

Saya berharap seleksi daerah di masing-masing propinsi bisa terlaksana dengan baik, sehingga nantinya bisa bertemu di seleksi tingkat nasional pada pertengahan juli mendatang, Selamat berjuang dan semoga sukses.


Untuk Melakukan Penilaian, Form Penilaian yang Lengkap bisa di download disini

salam
Nathanael Suryadi

1 comment:

Unknown said...

Untuk para Jury daerah, Mohon di inokan kapan seleksi di daerah masing-masing dalam kolom Komentar ya, Terimakasih.