Thursday, June 7, 2012

PHOBIA MLM

Gencarnya pemberitaan di Media Televisi tentang Bisnis Investasi bodong membuat banyak orang menjadi skeptis terhadap apa yang disebut "MLM", bahkan bisa disebut "MLM PHOBIA". Menurut pengertiannya Secara umum, phobia adalah rasa ketakutan kuat (berlebihan) terhadap suatu benda, situasi, atau kejadian, yang ditandai dengan keinginan untuk ngejauhin sesuatu yang ditakuti itu. Menurut ilmu psikologi "phobia" ini isa dikategorikan dalam sakit kejiwaan. (he he he ... belum tentu disebut gila lhoooo...).


Saat ini banyak orang menjadi takut dan cenderung menjauhi apa yang disebut "MLM", baru denger eh mau ga kamu saya perkenalkan kamu suatu sistim usaha, Langsung orang akan mengatakan: "MLM ya?" atau "ah... engga dehhh", langsung mengalihkan pembicaraan ke topik lain. Bahkan ada beberapa teman saya yang langsung gatel-gatel seperti alergi begitu denger tawaran seperti itu (he he he ).

Kasihan banget emang apa yang disebut "MLM" ini, bahkan salah satu sistem MLM yang ternama dan sudah ada di Indonesia sangat lama, dalam salah satu trik mengajak member baru, mereka mengajarkan dan melarang untuk menjelaskan tentang bisnis yang akan diperkenalkannya, hanya di suruh datang aja, denger dulu baru nanti putuskan sendiri, tetapi mereka bilang waktu akan mengajak prospek mereka : "pokoknya bisnis ini akan membuat kamu berubah deh, dan bisa menikmati hidup". (he he he )

Nyatanya apapun cara yang mereka lakukan saat ini sudah terjadi sikap skeptis terhadap apa yang disebut MLM, dan memang stigma negatif MLM ini tidak tercipta dengan sendirinya, ada suatu rentetan peristiwa yang akhirnya orang-orang merasa kesulitan untuk bisa bertahan dan mengembangkan serta menikmati hasil yang baik dari sisteim MLM ini.

Begitu orang menjelaskan dan mengambarkan "segitiga", mereka sudah langsung bilang, wah sistem piramida, ga dehhh, kasihan cape yang dibawah... enak yang diatas. begitu orang gambar bunder-bunder, mereka langsung bilang:  "nah benerkan MLM?". Kalau kita lihat struktur pemerintahan kita juga piramida, struktur organisasi di perusahaan juga piramida, jalur distribusi juga piramida. Jadi apa salahnya dengan "PIRAMIDA". KAlau banyak orang yang langsung takut dan tutup kuping, atau mesem-mesem sambil tidak konsen begitu ditawarkan sistem MLM, itu sudah menjadi suatu penyakit atau disebut PHOBIA MLM.

Tujuan saya menjelaskan tentang sistem MLM dalam postingan saya tentang "Hati hati tertipu oleh bisnis investasi" sebelumnya adalah supaya orang tidak menjadi skeptis terhadap MLM dan mempunyai penyakit "MLM PHOBI". Karena seperti saya sebutkan MLM itu seperti Pisau yang bisa digunakan secara positif ataupun bisa digunakan secara negatif oleh sang pemakai.

Banyak Mahasiswa di amerika malah bisa menghidupi dirinya dari bisnis MLM yang digelutinya, di Indonesia banyak yang menjadi kaya dan sangat menikmati hidup dari bisnis MLM yang ada di Indonesia. Tetapi memang tidak mudah untuk bisa mengembangakan bisnis ini. dan salah dari orang MLM itu sendiri saat mereka menjelaskan sistem bisnis ini. Kebanyakan sistem MLM mereka selalu menjelaskan "MIMPI" atau "DREAM" terlebih dahulu saat menjelaskan bisnis ini. jadi kebanyakan yang ada malah bangkitnya orang-orang yang hanya punya MIMPI bukan bekerja. Karena mereka hanya mimpi makanya pasti mereka sedang tertidur. Karena orang yang SADAR ga pernah MIMPI.

Terlepas dari pro-kontra, orang menggunakan kata "MIMPI", atau mungkin beberapa sistem mengatakan dengan "CITA-CITA". saya memang melihat kenyataan banyak orang yang gagal karena mereka memiliki "kelebihan harapan" tetapi "kekurangan ENDURANCE". sehingga belum tercapai mimpinya, atau cita-citanya, mereka sudah berhenti. kalau BERHENTI yo pastine ... BABLASSS, alias GUAGALLLL. nah karena banyak orang yang GAGAL, makanya mereka akan bilang wah SUSAH..., AH sistemnya tidak Bagus... Bahkan, ada orang yang masuk dan belum pernah coba menjalankan... dan pastine GAGAL, dia beranggapan dan mengatakan.. "udahlah ga usah ikut kayak gituan.... yang pasti pasti saja.." dan dia menambahkan kata - kata seperti ini "saya juga pernah coba dan hasilnya 'nol'". Anda tau donk maksud saya???? sebagusnya sistem kalau ga dijalankan ya nda bisa jalan. Anda punya mobil bagus beli ratusan juta, ga pernah di hidupkan dan dijalankan, Mobil ini tidak akan bermanfaat bagi anda. Anda coba jalankan dan tidak bisa nyetirnya... ya sama Rumah sakit deh sampenya.....

Jadi memang ada yang perlu dipahami dari sistem MLM ini, jangan hanya diikuti tanpa mempelajari sistem usahanya dan bagaimana cara kerjanya, apa upaya kita supaya kita bisa behasil. Saya sangat percaya bahwa bila dikembangkan secara serius MLM ini bisa digunakan untuk MEMPERBAIKI NEGARA INI DARI CARUT MARUT SEKARANG INI.

EH.... jadi kayak orang MLM deh saya.

Di atas saya menyebutkan kebanyakan orang yang mencoba MLM mereka Over Ekspektasi tetapi minim endurance, MENGAPA? Tentu saja harus ada langkah-langkah yang kita lakukan sebelum kita masuk dalam sistem MLM, yaitu :
  1. Pelajari Sistem MLM nya
    Seperti halnya investasi finansial yang telah ada dan seperti yang saya telah sebutkan dipostingan sebelumnya bahwa ada istilah "high risk high return". Kalau anda mau aman-aman terhadap uang yang anda miliki, taruh di bank aja, walau bunganya kecil tetapi uang anda tidak akan hilang. karena kalau di taruh di bawah bantal mungkin aja uang anda di rampok atau di curi tuyul atau babi ngepet(he he he), karena kalau di Bank mereka punya pantangannya supaya maling, tuyul dan babi ngepet tidak akan masuk". Tetapi seandainya ada tuyul dan babi ngepet yang nyamar jadi pegawai bank (ingat donk sama kasus si cantikkkk ), JANGAN Khawatir karena simpanan anda di bank masih dijamin sama LPS. (ha ha ha ha ).
    Biasanya sistem yang menggunakan apapun seperti postingan saya yang terdahulu memang bisa menguntungkan dan yang sangat kecil resikonya adalah sistem yang menggunakan sistem LADDER, inilah yang disebut "low risk low return", yang paling bahaya adalah sistem PONZI inilah yang disebut sebagai "high risk high return". Jadi pelajari dulu, adalah hak anada koq untuk meneliti dahulu sebelum ber investasi lha uangnya juga uang anda koq.

  2. Pelajari Bonus-Bonus/ return yang akan dihasilkan
    Kalau anda lihat postingan saya, anda bisa melihat koq bisa investasi Rp. 3.000.000,- bisa menghasilkan bonus Motor, Mobil atau Rumah mewah. Bisa koq, itu artinya bukan berarti mereka membohongi anda tetapi mereka memiliki perhitungan. Tetapi anda lihat persyaratan-persyaratan untuk mendapatkan bonus tersebut. Makanya kalau anda ikut sistem Binari sebetulnya waktu pencapaian bonus bisa sangat cepat, tetapi upaya yang harus dilakukanpun harus sangat extra keras. makanya ga bisa deh sambilan (prinsip yang beginian juga sering di sampaikan para LEADER : "eh bisa lho dikerjakan dalam waktu luang anda").

  3. Lihat investasi nya (bagi pemula jangan terlalu berani ambil resiko)
    Karena memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tinggi, makanya jangan terlalu berspekulasi, ikut saja yang kecil dulu investasinya. Dan pelajari bagaimana caranya anda bisa ROI (return of INvestment) dulu atau "balik modal". supaya kalau balik modal anda tidak kecewa banget kalau gagal, toh sudah balik modal. Kalau sudah balik modal jangan mudah terpancing untuk menambah investasi, lebih baik ajarkan downline anda juga untuk segera balik modal juga. Kalau prinsip ini dijalankan, artinya perlu pembelajaran dan mengajarkan (ini adalah prinsip dari MLM yang sangat positif). Sehingga akan terbangun suatu Jaringan yang kuat dan saling membantu. Coba anda bandingkan dengan sisteim Distributor barang apapun yang dijual di Indonesia, mereka pasti punya manager penjualan Nasional, Area Propinsi, Kabupaten/kota dan mereka punya retail-retail langsung

  4. Miliki "Beleif" Kalau anda sudah mempelajari sistem yang baik, dan mulailah bangun 'beleif', maaf saya menganalogikan dengan agama. (perlu minta maaf, karena saya takut anda menganggap saya menyamakan MLM ini dengan agama). Sebagai orang yang beragama kita memiliki iman ("faith"), kalau di MLM kita memiliki percaya ("Beleif"), Kalau anda tidak percaya bahwa sistem ini bisa membawa anda pada CITA-CITA, selamanya anda tidak bisa bergerak. Kalau anda juga hanya memiliki "SETENGAH" PERCAYA, juga tidak akan Mencapai pada CITA-CITA. JADI Anda memang HARUS MEMPUNYAI PERCAYA YANG "FULL". Ingat saja lagu "I love you Full", kata orang kalau I love you full, Gerimispun akan diterjang... eh eh salah.. Hujan badaipun akan diterjang (mudah-mudahan he he he ). Jadi memiliki beleif menjadi sangat penting dlam upaya anda bekerja di MLM

  5. Bekerja keras dan cerdas Saya tidak tahu dari mana timbulnya pendapat : "coba lihat bedanya makannya orang bule dan orang indonesia itu bisa dilihat dari bagaimana mereka saat makan" (LHOOOOO?). katanya kalo orang indonesia makan keringetanm kalo bule makan ga keringetan, tetapi sebaliknya kalo orang bule itu kalo kerja keringetan, kalo orang indonesia kalo kerja ga keringetan. OHHHHHHHHHHHHH MENGAPA YA??? OH IYAA JUGA YAAA. He he he , jadi inget saya dulu waktu kerja, paling ga mau keringetan, ya jadi aja susah terus. padahal kalo kita kerja keras dan keringetan, hasilnya juga pasti segede gede keringet yang keluar, minimal khan kalo hasilnya gede, saya bisa makan di tempat yg ada ACnya biar makannya ga keringetan, jadi aja kayak orang bule.. he he he he . Intinya adalah tidak ada hasil yang besar tanpa adanya upaya yang keras. tidak ada hasil yang optimal bila tidak ada upaya yang cerdas. jadi kerja keras dan cerdas adalah kunci dari keberhasilan.

Nah Kalau anda sudah menyimak apa yang saya ulas di atas, mudah-mudahan bisa men therapy anda sehingga anda tidak menjadi PHOBIA MLM lagi, ga enak khan kalo kita disebut punya penyakit jiwa (he he he .. maaf)

salam
Nathanael Suryadi

No comments: