Saturday, June 18, 2011

Anak-anak Muda Potensi Bangsa yang mengharumkan Nama Bangsa di Ajang INTERNASIONAL

Tidak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya di Indonesia ini ada anak-anak muda yang bejuang dengan penuh semangat dan minim dalam publikasi. Tetapi diam-diam mereka saat ini telah mengharumkan nama bangsa di ajang Internasional. Memang tidak banyak yang mengetahui bahwa di Dunia ini ada ajang Kompetisi Keterampilan. Sehingga di Indonesia sendiri lebih dikenal kompetisi Kimia, Matematika, Science, Fisika, Robotik dll. Padahal ada juga kompetisi keterampilan yang benama WORLDSKILL COMPETITION (WSC) di tingkat Dunia dilaksanakan setiap 2 tahun di tahun Ganjil, ASEAN SKILL COMPETITION (ASC) di Tingkat Asia Tenggara dilaksanakan setiap 2 tahun di tahun genap. Sebenarnya di Tingkat Nasional pun ada Lomba sejenis di Lingkungan Anak-anak SMK, Yaitu Lomba Keterampilan Siswa SMK (LKS) yang dilaksanakan setiap tahun.


Di INdonesia LKS sendiri sudah yang ke - 19 pada Tahun 2011 ini dan akan dilaksanakan di Arena Pekan Raya Jakarta Pada Bulan Juli 2011. Di Tingkat Asia Tenggara Pelaksanaan Asean Skill Competition sudah yang ke 8, dan pada Tahun 2010 yang lalu dilaksanakan di bangkok Thailand. Untuk ASC sendiri tahun 2012 Indonesia akan menjadi Tuan Rumah Ajang Kompetisi keterampilan tingkat Asean yang ke -9. Sedangkan Untuk Worldskills Competition pelaksanaan tahun2011 ini adalah yang ke 41, dan akan dilaksanakan di London- Inggris. 24 Anak-anak muda terbaik bangsa akan dikirimkan dalam ajang Kompetisi keterapilan tingkat Dunia tersebut.

Di AJang Keterampilan Tingkat Asia Tenggara, Indonesia telah beberapa kali menempati Juara Umu Kedua di AJang Kompetisi ASC ke 6 yang diselenggarakan di Brunei Darusalam pada Tahun 2006, Dengan Perolehan 6 Medali Emas, di Kuala Lumpur Malaysia pada tahun 2008 dengan perolehan 5 Medali Emas, Pada Tahun 2010 di Bangkok Indonesia Juga berhasil meraih 6 Medali Emas.

Apakah Lomba Keterampilan ini?????
Lomba ini adalah Lomba yang menunjukan kompetensi kerja dalam bidang-bidang keterampilan, seperti : Bidang Bangunan : Keterampilan memasang Bata (Brick Laying), Keterampilan Memasang KEramik lantai dan Dinding (Wall and Floor Tiling), Keterampilan Membuat Meubel/ perabotan Kayu (Cabinet Making), Keterampilan pembuatan Kusen (Joinery), Keterampilan instalasi Pipa (Plumbing), Keterampilan Instalasi Listrik (ELectrical Instalation)
Bidang IT : IT Software Apllication, Graphic Design, Mechanical CADD, Web Design, IT Cabling and Network Support.
Bidang Pariwisata : Fashion Technology, Beauty Theraphy, Ladies/ Mens Hair Dressing, Cookery, Restaurant Service, Pastry
Bidang  Teknik : Auto mobile technology, Welding, Industrial Electronic, Mobile robotic, Mechatronic.
Di tingkat dunia sendiri terdiri lebih dari 50 Jenis keterampilan yang dilombakan.

Di Tingkat Dunia Indonesia telah mulai berpartisipasi sejak penyelenggaraan WSC yang ke 38 tahun 2005 di Findlandia, Kemudian WSC ke 39 tahun 2007 di Shizuoka Jepang, WSC ke 40 tahun 2009 di Calgary Canada. Dan Untuk Tahun 2011 di London Inggris. Diharapkan adanya dukungan secara moril dan doa dari seluruh bangsa pada anak-anak muda ini. Karenan pada ajang kompetensi ini akan menunjukan seberapa mampu para pekerja muda di Indonesia untuk memenuhi standar Kompetensi dunia. Karena keberhasilan mereka di ajang kompetisi keterampilan ini akan menunjukan kesiapan SDM-SDM di Indonesia untuk melaksanakan atau menjalankan modal-modal asing yang datang dan akan di kembangkan di banyak sektor.

2 comments:

Kodok kampus said...

wah kakak kelas saya yang ikut IT Software Apllication sayangnya saya juara ke dua di provisi jd gak bisa iku :)) maju terus SMK Bisa

Anonymous said...

I almost nevеr comment, but i did a few searching and wound up here "Anak-anak Muda Potensi Bangsa yang mengharumkan Nama Bangsa di Ajang INTERNASIONAL".
Anԁ I actually dο havе a feω questiοns for you if
уou tеnd not to mind. Ϲould
it be ѕimρly me or doеѕ іt look liκе some of the comments come across as if they are coming frοm brain deaԁ people?
:-P And, if you arе wrіting on other plaсeѕ, I'd like to follow everything new you have to post. Could you list of the complete urls of your public sites like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

Also visit my website :: http://www.camposmusicantes.org